Senin, 04 Januari 2016

AIR TERJUN WAINUWU - LEWOBELE, SI CANTIK YANG BELUM DIJAMAH

NAMA OBJEK WISATA
Air terjun Wainuwu
LOKASI
Desa Lewobele Kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa Lewobele berada di bagian barat atau tepatnya berada di wilayah Pantai Utara (Pantura), Kota Larantuka. Desa Lewobele memiliki kurang lebih tujuh (7) mata air dan 3 air terjun. Penelusuran dimulai dari persimpangan Waitiu atau Waiwio dari arah kota Larantuka.
JARAK TEMPUH
Perjalanan dari Kota Larantuka hingga pusat Desa Lewobele ditempuh sekitar 25 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Kendaraan yang digunakan adalah sepeda motor atau mobil pribadi. Sementara jarak dari Desa Lewobele ke air terjun Wainuwu kurang lebih 4 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dengan berjalan kaki.
KONDISI JALAN
Sepanjang 3 km dari persimpangan Waitiu, jalannya hotmiks. Selebihnya, badan jalan berlubang. Beberapa titik jalan hanya beraspalkan tanah.
KEINDAHAN YANG DITAWARKAN
Di lokasi ini terdapat 3 air terjun. Air terjun memiliki kekuatan aliran yang cukup deras dengan ketinggian kurang lebih 60 meter. Pada satu titik air terjun terdapat dua tingkatan pada aliran air terjun tersebut. Aliran air cukup deras, air jernih, sejuk. Air terjun ini dikelilingi bebatuan yang cukup besar dan pepohonan yang masih asli dan asri. Teduh, sejuk. Untuk mencapai ke tempat ini selain melewati jalan yang menanjak dan menurun tajam, kita juga akan menyusuri kali kurang lebih 1 km.Sangat cocok untuk berpetualang.
Selain air terjun, Desa Lewobele juga memiliki keindahan alam lain yakni, keindahan sunset di sore hari. juga di pesisir pantai terdapat sumber air hangat yang oleh wisatawan dapat dimanfaatkan untuk berendam.

FASILITISAS
Di sekitar lokasi air terjun, tidak terdapat satupun fasilitas yang dibangun sebagai tempat istirahat atau menikmati makanan atau minuman. Home stay, kamar mandi  dan WC tidak ada.
KONTAK
Bagi yang berkunjung ke tempat ini dianjurkan untuk sebelumnya bisa berkomunikasi dengan Kepala Desa Lewobele Kecamatan Lewolema, sehingga dapat difasilitasi oleh masyarakat setempat yang sudah disiapkan di tingkat desa. Untuk berkunjung ke Air terjun Wainuwu saat ini  tidak dipungut biaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar