Kamis, 14 Januari 2016

CURRICULUM VITAE, PION RATULOLLY

PION RATULOLLY
Pion Ratulolly adalah nama pena dari Muhamad Sole Kadir. Lahir di desa pesisir Lamahala, pada 31 Desember 1986 dari pasangan Bapak (alm) Kadir Kopong dan Emak Dagang Kadir. Menyelelesaikan studi Sarjana Pendidilan di Bahasa dan Sastra Indonesia Undana Kupang. Aktif di berbagai organisasi dan komunitas seni. Turut memprakarsai berdirinya beberapa komunitas satra yaitu, Rumah Poetica, Laskar Sastra dan Dusun Flobamora.

Ketua IPMAL (Ikatan Pelajar Mahasiswa Lamahala) - Kupang periode 2008-2009 ini menulis puisi,cerpen, resensi, esai, reportase dan drama. Tulisannya tersebar di Pos Kupang, Fajar Makasar, Haluan Kepri,Timor Express,Victory News, Flores Pos, TIMORense, Jurnal Sastra Santarang, Jurnal Optimisme,Warta Flobamora dan Cakrawala NTT.
Novel “atma” Putih Cinta Lamahala Kupang adalah buku pertamanya.Cerpennya Tanam Pinang Tumbuh Gading masuk dalam Antologi Cerpen Ujung Laut Pulau Marwah.Cerpennya termaktub pula dalam buku Kematian Sasando. Antologi Cerpen Satrawan NTT. Puisi-puisinya masuk dalam buku senja di kota Kupang, Antologi Puisi Sastrawan NTT. Prolog beserta puisi-puisinya masuk dalam buku Tanah Ketuban, Antologi Puisi Penyair Muda Lamahala.Naskah-naskah dramanya dipentaskan di Kupang, Lamahala, Lembata, Solor, juga disiarkan di TVRI NTT.

Pion mengikuti kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Nasional IX di Jambi,Majelis Sastra Asia tenggara di Kupang,Temu Sastrawan Indonesia III di Tanjung Pinang dn Temu Sastra Indonesia di Kupang. Pion menjadi moderator, pembicara dan fasilitator di beberapa pelatihan dan seminar.

Saat ini menjadi gurudi SMPN Satu Atap Tapobali,Adonara,Flores Timur.Pion juga menjadi pengurus PGRI Cabang Adonara Timur sekaligus pengurus PGRI Ranting VIII Kiwangona. Pion juga menjadi pengurus AGUPENA Flotim.

Tahun 2014 menjadi juara I Lomba Menulis Cerita Rakyat untuk guru sekabupaten Flores Timur. April 2015,  menerbitkan buku Kumpulan Cerpen “ Wasiat Kemuhar”

Nomor Handphone      : 085239163535
E-mail                          : pionratulolly@gmail.com
Akun Facebook           : Pion Ratulolly

SIAP MENJADI SALAH SATU NARASUMBER PADA KEGIATAN PELATIHAN JURNALISTIK DAN MENULIS PUISI YANG AKAN DISELENGGARAKAN AGUPENA FLORES TIMUR  PADA MINGGU KE- 2 BULAN FEBRUARI 2016 UNTUK SISWA SMP/MTs dan SMA/SMK SE- KABUPATEN FLORES TIMUR.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar